Bolehkah Memberikan Zakat Fitrah sebelum Waktunya?

244
fitrah
Sumber Gambar Detik.com

Allah mewajibkan kepada umat Islam untuk memberikan Zakat kepada Mustahik  (golongan yang berhak menerima zakat). Zakat fitrah bertujuan untuk menyucikan diri dari segala kotoran batin yang menyelimuti dirinya.

Begitu juga sebagai bentuk solidaritas atau kepedulian kepada sesama muslim lebih-lebih saat terjadi pandemi Covid 19 yang berdampak keseluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Tantangan Pembelajaran Tatap Muka di tengah Pandemi

Salah satu cara untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi fenomena pandemi ini ialah dengan memberikan zakat fitrah sebelum waktunya (ta’jil).

Hal ini selaras dengan anjuran agama bahkan ulama madzhab pun memperbolehkan menyegerakan memberikan zakat fitrah.

Penjelasan Mengenai Waktu untuk Zakat

Dalam Fatawa Darul Ifta’ Al Misriyyah ada Penjelasa  untuk menyegarkan zakat fitrah. Ini penjelasan selengkapnya

ﻭﻣﺜﻞ اﻟﺰﻛﺎﺓ اﻟﻌﺎﻣﺔ ﺯﻛﺎﺓ اﻟﻔﻄﺮ– ﻓﺎﻟﺠﻤﻬﻮﺭ
ﻋﻠﻰ ﺟﻮاﺯ ﺗﻌﺠﻴﻠﻬﺎ ﻗﺒﻞ اﻟﻌﻴﺪ ﺑﻴﻮﻡ ﺃﻭ ﻳﻮﻣﻴﻦ ﻛﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻳﻔﻌﻞ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ، ﻭﺃﻣﺎ ﻗﺒﻞ ﺫﻟﻚ ﻓﻔﻴﻪ ﺧﻼﻑ.

 

Zakat fitrah hukumnya seperti zakat yang lain. Menurut mayoritas ulama (jumhur) memperbolehkan untuk menyegerakan untuk memberikan zakat fitrah sehari atau dua hari menjelang idul Fitri  seperti yang dilakukan oleh Sahabat Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhuma. Adapun sebelum dua hari menjelang idul Fitri maka ada perbedaan pendapat dikalangan para ulama.

ﻓﻌﻨﺪ ﺃﺑﻰ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺧﺮاﺟﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﻭﻋﻨﺪ اﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ﻳﺠﻮﺯ ﻣﻦ ﺃﻭﻝ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ، ﺃﻣﺎ ﻋﻨﺪ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﻻ ﻗﺒﻞ اﻟﻌﻴﺪ ﺑﻴﻮﻡ ﺃﻭ ﻳﻮﻣﻴﻦ

Menurut Imam Abu Hanifah memperbolehkan zakat fitrah sebelum masuk bulan Ramadhan. Sedangkan menurut Imam Syafi’i memperbolehkan zakat fitrah mulai awal Ramadhan. Adapun menurut imam Malik dan Imam Ahmad tak memperbolehkan zakat fitrah sebelum dua atau satu hari sebelum idul Fitri.

Dari penjelasan ini, sekiranya umat Islam khususnya di Indonesia yang mengikuti madzhab Syafi’i sebaiknya menyegerakan zakatnya demi membantu masyarakat yang sedang kekurangan terutama yang ada disekitar tempat tinggalnya agar tercukupi kebutuhan sehari-harinya.

Begitu indahnya ajaran Islam untuk selalu membantu saudara-saudaranya maupun warga sekitar sehingga tercipta hubungan sosial yang baik terutama di bulan Ramadhan yang berkah ini.

Tulisan ini pernah dimuat di Syahadat.id
Penulis: Moh Afif Sholeh, M.Ag