4 TIPS AGAR KULIAH GAK SALAH JURUSAN

670
Gambar oleh Andrew Tan dari Pixabay
Gambar oleh Andrew Tan dari Pixabay

Oleh : Rizka Nurul Amanah

(Content Manager Ruang Ngobrol)

Jurusan saat masuk kuliah tak seperti jurusan saat kamu salah naik bis. Jika naik bis, kamu cukup turun dan kembali mencari jurusan yang sesuai dengan tujuanmu. Namun kuliah, biasanya kamu akan terlambat menyadari bahkan terlanjut menjalani. Kamu tidak bisa tiba-tiba berhenti.

Jika kita merasa demikian dan pindah ketika awal-awal perkuliahan, itu mungkin saja dilakukan. Bagaimana jika mau skripsi malah merasa salah jurusan? Mungkin sobat mading.id perlu memperhatikan beberapa tips ini supaya tidak terjebak ‘salah jurusan’.

1. Pilih Jurusan Sesuai Minat

Kamu perlu mengenali jurusan-jurusan saat kuliah, jangan sampai kamu salah persepsi. Ada baiknya mengenali profesi setelah lulus dari jurusan tersebut, mengenal lebih dalam dan termasuk testimoni para alumnusnya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kamu mengenali minatmu sendiri.

Minat ini akan menjadi sangat penting karena itu yang akan membawa kamu kembali tertarik dengan perkuliahan ketika semangatmu padam. Kalau belum juga mengenali minat, coba lihat mata pelajaran unggulanmu dan mana yang menurutmu paling menarik. Setelah itu, kamu bisa mencari jurusan yang relate dengan mata pelajaran tersebut.

2. Jangan Terbawa Sekitar

Tidak ada jurusan terbaik, jurusan terhebat bahkan jurusan paling keren. Sebaik apapun jurusan jika kamu tidak menikmatinya, hasilnya pun tidak akan baik. Keberhasilan di dunia perkuliahan akan sangat ditentukan oleh dirimu sendiri. Temanmu bisa jadi tidak akan begitu solid ketika kamu harus mengulang mata kuliah di semester depan.

3. Pertimbangan Matang

Jika kamu masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang tepat seperti psikolog, guru bimbingan konseling termasuk orang tuamu. Kamu juga perlu membahas pembiayaannya sehingga semua perlu melalui diskusi yang matang. Selain itu, lokasi juga perlu jadi salah satu pertimbangan ya.

4. Konsisten dengan Pilihan

Setelah mendapatkan jurusan yang kamu anggap tepat, kamu hanya perlu menjalaninya secara konsisten. Perlu ada komitmen supaya kamu tidak tergoda untuk keluar, berhenti bahkan menghindar dari segala kewajiban sebagai mahasiswa. Sekali lagi, kesuksesan di dunia perkuliahan akan ditentukan oleh dirimu sendiri, bukan orang lain. Kalau bosan, kamu hanya perlu cari sedikit hiburan dan hang out.

Itulah beberapa tips supaya kamu tidak salah jurusan memilih jurusan di perguruan tinggi. Gimana, sudah tentuin mau pilih jurusan apa setelah lulus SMA?