3 Manfaat Sholawat yang Harus Kamu Ketahui

95
Manfaat
Photo by Burak K from Pexels

Sudah sepantasnya kita sebagai seorang muslim untuk sering bersholawat kepada Nabi besar kita Baginda Muhammad SAW. Selain sebagai wujud nyata atas besar rasa cinta Rasulullah, Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga menganjurkan kita untuk membiasakan diri mengirimkan pesan sholawat kepada Rasulullah sehingga dapat terhubung dengan beliau.

Layaknya rumah yang memiliki lampu, hati juga perlu penerangan. Semisal Rasulullah ialah lampu maka kita adalah sakelarnya dan membutuhkan tenaga listrik yakni sholawat agar kita mendapat cahaya syafaat dari nabi besar Muhammad.

Setiap Satu Bacaan Sholawat akan Memberikan Rahmat

Dalam hadis yang dinyatakan oleh Rasulullah salah satu manfaat sholawat ialah setiap satu bacaan sholawat akan menghasilkan rahmat. Rahmat juga akan menjadikan kita sebagai orang yang beruntung, disayang oleh Allah SWT, dan dikaruniakan ketentraman hidup, rizki juga kebahagiaan.

Artikel terkait Cinta Rasul, lihat Maulid Sebagai Ungkapan Cinta Pada Nabi.

Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-An’am ayat 16.

“Barangsiapa yang diajuhkan azab daripadanya pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya. Dan itulah keberuntungan yang nyata.” (QS 6:16)

Dengan banyak sholawat maka banyak pula dosa-dosa yang terhapus

Dari surah di atas dapat disimpulkan bahwa Allah SWT. juga memiliki nama Al-‘Afuw yakni bermakna sebagai maha pemaaf. Maka Allah akan memaafkan dosa yang telah kita diperbuat selagi hambanya meminta maaf. Dengan sholawat, maka Allah akan menggugurkan dosa-dosa yang telah kita lakukan.

“Dan adalah Allah Maha Pema’af lagi Maha Pengampun.” (QS 4:99).

Membaca sholawat akan menaikkan derajat

Selain dengan sholat malam membaca sholawat juga akan menaikkan derajat seseorang yang rajin membacanya. Dengan begitu akan lebih banyak pahala yang kita raih dari bacaan sholawat kita. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga pernah menjawab pertanyaan Ibni Abbas R.A tentang bagaimana cara mendapat keselamatan di akhirat nanti.

“Sesungguhnya bacaan sholawatmu akan memberi manfaat padamu di akhirat nanti dan memperbanyak timbangan kebaikanmu.” (H.R Ibni Abbas R.A)

Nah, setelah membaca bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa sholawat memiliki dampak dan pengaruh bagi kehidupan seorang muslim. Di samping itu sholawat juga dapat menambah amal kebaikan dalam hidup seorang insan.

Penulis: Kontributor Mading